Profil

Sejumlah Ulama Jadi Penasihat, Ini Susunan Lengkap Pengurus DPW PKB Aceh Periode 2021 - 2026

Dalam sebuah postingan di Facebook dengan judul "The Real Sekjend PKB Aceh", Munawar AR menulis ia mulai bergabung ke PKB pada tahun 2009.

Penulis: Hendri Abik
Editor: Zainal M Noor
Humas
DR Ida Fauziah MSI, Wakil Ketua Umum DPP PKB yang juga Menteri Ketenagakerjaan Kabinet Indonesia Maju, mengukuhkan Pengurus DPW PKB Aceh, di Banda Aceh, Sabtu 9 Januari 2021. 

SERAMBIWIKI.COM – Musyawarah Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Provinsi Aceh tahun 2021, telah menetapkan personalia Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKB Provinsi Aceh, Masa Bakti 2021-2026.

Seperti diberitakan, H Irmawan SSos MM kembali memimpin Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Aceh Periode 2021-2026.

Ia terpilih secara aklamasi dalam musyawarah wilayah (muswil) partai tersebut di Hotel Grand Nanggroe, Banda Aceh, Sabtu (9/1/2021).

Bagi Irmawan yang juga anggota DPR RI, ini adalah periode kedua memimpin partai politik yang lahir dari rahim Nahdlatul Ulama (NU).

Selain terpilihnya kembali Irmawan, terjadi beberapa kejutan dalam Muswil PKB Aceh kali ini.

Salah satunya adalah terpilihnya tokoh muda Aceh Besar, Munawar AR sebagai Sekretaris Wilayah PKB Aceh, mendamping Irmawan di posisi Ketua.

Kiprah Munawar AR di dunia politik terhitung muda.

Dalam sebuah postingan di Facebook dengan judul "The Real Sekjend PKB Aceh", Munawar AR menulis ia mulai bergabung ke PKB pada tahun 2009.

“Sosok Bang Amrizal Ibrahim SHI yang memperkenalkan kepada saya histori PKB, bagaimana BerPKB, Gusdur, Cak Imin dan beberapa info penting terkait perjalanan partai PKB di Bumi Serambi Mekah,” tulis Munawar dalam postingan yang mengapresiasi kinerja Sekretaris DPW PKB sebelumnya, Amrizal SHI.

Hanya dalam waktu 12 tahun sejak diajak bergabung ke PKB, Munawar AR, pemuda Kelahiran Kuta Baro, 5 April 1990, kini telah dipercaya menjabat sekretaris DPW partai besar berbasis nasional.

Jabatan ini dianggap sebagai salah satu bentuk sukses bagi politisi muda yang baru berusia 31 tahun.

Baca juga: China Negara Paling Banyak Utang Luar Negeri, Indonesia di Bawah Turki

Baca juga: Bos Mobil Listrik Elon Musk Jadi Orang Terkaya di Dunia, Hartanya Melonjak Pada Tahun 2020

Baca juga: 5 Fakta Fenomena Tanah Bergerak atau Likuifaksi di Gampong Lamkleng, Aceh Besar

Pengaruh Para Ulama

Selain terpilihnya Munawar AR di posisi sekretaris, kejutan lainnya terlihat dari masuknya sejumlah ulama berpengaruh dalam jajaran Dewan Muntasyar atau Dewan Penasihat.

Nama-nama besar seperti Waled Nu (Tgk. Nuruzzahri), Abu Ishak Ahmad (Abu Langkawi), dan Tgk Muhammad Yusuf A Wahab (Tu Sop), membuat banyak pihak memprediksi PKB Aceh bakal menjadi salah satu penguasa di DPR Aceh pada pemilu 2024 mendatang.

Untuk diketahui, saat ini PKB Aceh mempunyai dua wakil di DPR RI, yakni Irmawan dari Dapil Aceh 1 dan Ruslan HM Daud dari Dapil Aceh 2.

Sementara di DPRA, PKB hanya memiliki tiga orang wakil, sehingga tidak bisa membentuk fraksi utuh.

Tiga anggota DPRA dari PKB adalah Salihin, Rijaluddin, dan Tgk H Syarifuddin.

Mereka bergabung dalam Fraksi PKB - PDA.

Sedangkan di kabupaten/kota, jumlah anggota DPRK asal PKB mencapai 23 orang.

Di kabupaten/kota, PKB memiliki satu fraksi yaitu di DPRK Bener Meriah, serta menguasai kursi Bupati yang dijabat oleh Abuya Syarkawi.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved