Biodata Tokoh

Sosok Hamzah Sulaiman, Ketua Pengadilan Negeri Singkil Inovatif dan Sederhana

Bahkan kesederhanaan Hamzah Sulaiman tampak ketika berbaur bukan hanya untuk kalangan pejabat atau menengah tapi masyarakat kecil bahkan kalangan muda

Penulis: Khalidin
Editor: Khalidin
SERAMBIWIKI.COM/KHALIDIN
Ketua Pengadilan Negeri Singkil, H. Hamzah Sulaiman, SH 

SERAMBIWIKI.COM, SUBULUSSALAM – H. Hamzah Sulaiman, SH, begitu nama lengkap pria kelahiran Lipat Kajang (waktu itu masih dalam lingkup Kabupaten Aceh Selatan) 13 Juli 1960.

Bagi masyarakat Aceh Singkil dan Kota Subulussalam, sosok Hamzah Sulaiman tidak asing lagi karena meski menjabat sebagai Ketua Pengadilan Negeri Singkil, ayah lima putra dan putri ini tetap tampil sederhana dan aktif bermasyarakat.

Pengadilan Negeri Singkil memiliki cakupan wilayah hukum hingga ke Pemko Subulussalam. Sehingga selaku ketua pengadilan, Hamzah Sulaiman memiliki kedekatan emosional dengan masyarakat kedua daerah ini.

Dia dekat secara emosional bukan hanya karena sebagai putra daerah Aceh Singkil yang kala itu masih tergabung dengan Kota Subulussalam.

Tapi lantaran senang silaturrahmi serta sikap sederhana dan bijaksana ini membuat siapapun dekat dengannya.

Bahkan kesederhanaan Hamzah Sulaiman tampak ketika berbaur bukan hanya untuk kalangan pejabat atau menengah tapi masyarakat kecil bahkan kalangan muda.

Baca juga: Hamzah Fansyuri Dianugerahi Bintang Budaya Parama Dharma, Makamnya di Tepi Sungai Souraya

https://aceh.tribunnews.com/2020/07/07/pn-singkil-mulaigelar-zitting-plaatsdi-subulussalam-ini-perkara-perdata-ringan-bisa-ditangani

Walau tampil sederhana namun bukan berarti tanpa prestasi. Di tangan suami Ny. Hj. Umi Maimah ini lah dua lembaga Pengadilan Negeri di Aceh berhasil meraih predikat A (excellent).

Kedua lembaga tersebut adalah Pengadilan Negeri Sinabang dan Pengadilan Negeri Singkil. Semula keduanya berstatus akreditasi B.

Hamzah Sulaiman mulai bertugas di Pengadilan Negeri Sinabang tahun 2015-2016 sebagai Wakil Ketua.

Lalu 2016 dia dikukuhkan sebagai Ketua PN Sinabang hingga 2018. Nah dalam kurun waktu dua tahun, ayahanda dr Yuli Dwi Aksara ini berhasil meningkatkan status akreditasi PN Sinabang dari B menjadi A Excellent.

Selanjutnya, 18 Oktober 2018 dia dipindahkan ke Aceh Singkil sebagai Ketua Pengadilan Negeri di tanah kelahirannya.

Bahkan, sejak PN Singkil lahir baru ini pertama putra Aceh Singkil asli menjabat sebagai ketua. PN Singkil sudah terbentuk jauh sebelum kabupaten tersebut mekar dari Aceh Selatan.

Hampir dua tahun menakhodai PN Singkil, Hamzah Sulaiman lagi-lagi berhasil membawa lembaga ini naik kelas dari akreditasi B menjadi A excellent 2020 lalu.

Atas raihan predikat A Excellent tersebut, Hamzah Sulaiman mendapat penghargaan dari Mahkamah Agung RI.

Untuk naik akreditasi tersebut tidaklah mudah lantaran adanya sejumlah indicator yang harus dipenuhi.

Sementara Pengadilan Negeri Sinabang maupun Singkil nyaris hampir sama berada di daerah yang jauh dari jangkauan kemajuan.

Kerja keras Hamzah Sulaiman bersama para hakim dan pegawai di sana sehingga berhasil membawa kedua Pengadilan Negeri ini naik kelas dengan sejumlah indicator penilaian.

“Ada beberapa indicaktor dalam peningkatan status akreditasi antara lain adanya SOP pelayanan, masyarakat mendapatkan pelayanan publik secara prima,” kata Hamzah Sulaiman saat berbincang-bincang dengan Serambiwiki di ruang kerjanya.

Hal inilah yang dia terapkan di PN Singkil termasuk Sinabang saat menjabat sebagai ketua di sana. Masyarakat mendapat pelayanan publik secara cepat dan tidak harus bolak balik.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

  • Conny Dio

     
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved