Ini Jumlah Pulau di Kawasan Pulau Banyak Aceh Singkil Beserta Nama-namanya

Konon awalnya terdiri dari 99 pulau, sesuai dengan Asmaul Husna (nama-nama baik Allah dalam Al-Qur'an). Belakangan ada yang menyebut 68 pulau dan 67.

Penulis: Dede Rosadi
Editor: Khalidin
SERAMBINEWS.COM/dok Novri
Ujung Batu, jadi destinasi wisata favorit baru di Pulau Banyak, Aceh Singkil, Minggu (29/12/2019)
SERAMBINEWS.COM/DEDE ROSADI
Nago Resort yang merupakan bagian dari Pulau Rago-Rago di Kecamatan Pulau Banyak Barat, Aceh Singkil
SERAMBINEWS.COM/DEDE ROSADI
Pantai Pulau Panjang di Kecamatan Pulau Banyak, Aceh Singkil
SERAMBINEWS.COM/DEDE ROSADI
Wisatawan bermain cano di depan Pulau Panjang, di Kecamatan Pulau Banyak, Aceh Singkil
SERAMBI/BUDI FATRIA
Foto udara Tapaktuan, Aceh Selatan, Selasa (12/6/2018). Aceh Selatan daerah yang dikenal sebagai penghasil pala juga dengan sebutan Kota Naga ini, terdapat sejumlah tempat wisata yang menarik. Ada pantai Tapaktuan Tapa, air terjun 7 tingkat, Pulau Dua, Batu Berlayar, dan makam Tuan Tapa.

SERAMBIWIKI.COM, SINGKIL - Pulau Banyak di Kabupaten Aceh Singkil, terbagi dalam dua kecamatan.

Pertama Kecamatan Pulau Banyak ibu kotanya Pulau Balai. Terdari dari Desa Pulau Balai, Pulau Baguk dan Desa Teluk Nibung.

Kedua Kecamatan Pulau Banyak Barat, ibu kotanya Haloban. Terdiri dari empat desa masing-masing Desa Haloban, Asantola, Suka Makmur dan Desa Ujung Sialit.

Kedua Kecamatan tersebut terdiri dari banyak pulau. Saking banyaknya berapa persisnya jumlah pulau memiliki beragam versi.

Konon awalnya terdiri dari 99 pulau, sesuai dengan Asmaul Husna (nama-nama baik Allah dalam Al-Qur'an). Belakangan ada yang menyebut 68 pulau. Ada juga yang menyebut tersisa 67 pulau.

Perubahan jumlah pulau tersebut terjadi akibat penomena alam. Semisal gempa tsunami, hingga menyebabkan pulau tenggelam.

Berdasarkan catatan ada beberapa peristiwa alam yang menyebabkan gugusan pulau-pulau kecil di Pulau Banyak, hilang.

Antaralain gempa tsunami 1907/1908 yang disebut warga pesisir geloro. Kemudian tsunamai 2004 dan 2005.

Baca juga: Melihat Sumur Tua dan Pedang Panglima Warisan Kerajaan Tuangku di Pulau Banyak Aceh Singkil

Baca juga: Pesona Wisata Ujung Batu di Pulau Banyak Aceh Singkil, Kolam Surga dan Kisah Legenda Perahu Pecah

Baca juga: Masjid Agung Nurul Makmur Pemancar Cahaya Kemakmuran di Jantung Ibukota Singkil

"Jumlah pulau di Kepulauan Banyak yang sudah ada namanya 68 pualu, tadinya 99 pulau," kata Kepla Dinas Perikanan Aceh, Saiful Umar kepada Serambiwiki.com.

Bukan hanya tenggelam, alasan lain jumlah pulau di Pulau Banyak, memiliki banyak versi justru pada waktu-waktu tertentu mengalami penambahan.

Setidaknya ada empat pulau baru yang muncul ke permukaan laut selama empat tahun terakhir. Warga menyebutnya baby island (bayi pulau).

Baby island paling penomenal yang muncul di sekitar Gosong Sianje. Sekitar 35 menit naik speedboat dari Pulau Balai, ibu kota Kecamatan Pulau Banyak.

Baby island itu mulai terlihat 2017 lalu. Baby island itu berupa hamparan pasir.

Wisatawan kerap mengunjunginya untuk dijadikan tempat berswafoto ria. Apalagi pada musim tertentu kawanan burung kerap singgah, sehingga menambah kecantikan pulau.

Tiga pulau lagi yang terlihat muncul terutama saat air laut surut, di depan Palambak, tadinya hanya terlihat dua. Pada Desember 2019 lalu tambah satu lagi.

Berikut nama-nama pulau di Pulau Banyak yang dirangkum dari berbagai sumber:

Pulau Balai, Pulau Tuangku, Pulau Bangkaru, Pulau Andaman, Pulau Madangkati, Pulau Batu, Pulau Lamun, Pulau Tailana, Pulau Rago-rago dan Pulau Gading-gading.

Berikutnya Pulau Bosong Kecil, Pulau Bosong Besar, Pulau Simauk, Pulau Jawi-jawi, Pulau Ujung Sawang, Pulau Matahari, Pulau Nago-nago, Pulau Balung, Pulau Madang dan Pulau Tambarat.

Lalu Pulau Orongan, Pulau Air Saku, Pulau Pandan, Pulau Subang-subang, Pulau Tabala Pulau Maila, Pulau Tabaleu, Pulau Lanian, Pulau Laurek, Pulau Tepus-tepus dan Pulau Pabisi.

Pulau Sekandang, Pulau Biawak, Pulau Asok, Pulau Lambeudeng, Pulau Karang Linon, Pulau Tabalo, Pulau Bandar, Pulau Duo, Pulau Pinang, Pulu Lasawon dan Pulau Kasik.

Ikuti kami di
KOMENTAR
258 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved