Situs Sejarah

Jadi Objek Wisata Religi, Yuk Intip Megahnya Masjid Agung Taqwa Kutacane yang Tahan Gempa

Selain memiliki arsitektur megah, masjid taqwa ini dirancang tahan gempa berkekuatan 8,0 skala richter (SR) serta bercorak khas adat suku Alas Gayo

Penulis: Asnawi Luwi
Editor: Khalidin
FOR SERAMBINEWS.COM
Masjid Taqwa Kutacane Aceh Tenggara, Megah dan Tahan Gempa 

SERAMBIWIKI, KUTACANE - Jika suatu waktu Anda sedang berkunjung ke Kutacane, Aceh Tenggara, cobalah mampir ke Masjid Agung Taqwa yang memiliki  arsitektur indah dan megah.

Selain memiliki arsitektur megah, masjid taqwa ini dirancang tahan gempa berkekuatan 8,0 skala richter (SR) serta bercorak khas adat suku Alas Gayo yang merupakan penduduk mayoritas di sana.

Bahkan, saat ini masjid yang terletak di pusat kota Aceh Tenggara tersebut menjadi salah satu wisata religi. 

Masjid yang menjadi icon Aceh Tenggara itu terletak di Kota Kutacane Kabupaten Aceh Tenggara yang tak berdekatan langsung dengan berbatasan Sumatera Utara atau hanya berjarak 35 kilometer menjadi objek wisata religi.

Masjid At Taqwa Kutacane At Taqwa mencolok pandang, karena dikemas dalam corak khas adat Alas Gayo. Suatu dekor warna yang kemungkinan besar tak dimiliki masjid lain di Aceh.

Tahukah Anda berapa rupiah yang diraup oleh pembangunan At Taqwa? Rp 72.968.900.000, itulah nominalnya.
Kecuali kemasan warna pada tampilan luar masjid, dana itu juga tercurah bagi kelengkapan lain.

Misalnya soundsystem 10.000 watt, internet, lampu-lampu luar dan dalam mesjid, aneka kaligrafi, air mancur, lampu hias dalam bentuk-bentuk bunga, empat menara, lima kubah utama, 15 kubah pendamping.

Kemudian granite laxmi red untuk lantai dalam, granite black gold untuk lantai luar, bentukan/hiasan dari GRC (campuran semen dan fiber) bermotif Alas Gayo, motif kayu jati, dan tulisan Al-Fatihah juga dari GRC.

Baca juga: Denny Febrian Roza SSTP MSI, Alumni STPDN yang Kini Jadi Ketua DPRK Aceh Tenggara

Baca juga: Ali Basrah Spd MM, Politisi Golkar, mantan Wakil Bupati Agara, dan Kini Anggota DPR Aceh

Tentu bisa dibayangkan bagaimana cantiknya masjid ini. Juga bagaimana megah gemerlapnya Masjid Agung At Taqwa Kutacane di waktu malam. Apalagi pada latar depan masjid ini terdapat pusat kuliner Kutacane dan wahahana bermain anak.

Kalau siang masjid kebanggaan Kutacane berkapasitas 4000 jamaah (dalam masjid) dan 2000 jamaah (di luar masjid) ini, indah dengan tebaran warna tajam etnik khas Alas Gayo dari dinding dan kubah-kubahnya, apatah lagi dilatari langit cerah berawan “perak” berarak.

Banyak fasilitas dari At Taqwa. Sebut saja kantor unit pelaksana teknis dinas (UPTD), rumah imam desar masjid, kamar mandi, tempat wudhu, dan toilet khusus jamaah pria dan wanita yang bagus.

Halaman parkir untuk 100 mobil dan 250 sepeda motor, perpustakaan masjid yang dilengkapi buku-buku Islam/ilmu pengetahuan lainnya, taman lapangan Ahmad Yani yang terintegrasi dengan jalan dan halaman masjid.

Siapakah disainernya? Dialah mantan Bupati Aceh Tenggara, H Hasanuddin B MM. Kala itu dibangun masjid baru dengan disain baru di kokasi At Taqwa yang lama.

Bulan berganti tahun, akhirnya pada 8 April 2016, Masjid Agung At Taqwa diresmikan oleh Ketua DPR RI, Dr H Ade Komaruddin MH.

Ikon Masjid Agung At Taqwa Kutacane dengan luas bangunan 2.675 M2 dan luas lahan 12.230 M2, menurut Hasanuddin, diharapkan jadi ikon hegemoni umat Islam di Agara.

Tentang penegakan syariat Islam Kutacane merupakan komitmen mantan Bupati Agara dan Wakilnya, Ali Basrah Spd MM.

Semua tertuang dalam visi dan misi, yakni menegakkan syariat Islam, memajukan dakwah/syiar Islam, memajukan kehidupan beragama, memajukan kerukunan antarumat beragama yang ada di Agara.

Maksud dan tujuan pembangunan Masjid Agung At Taqwa Kutacane selain membangun ikon, juga memakmurkan At Taqwa Kutacane, seperti menyediakan tempat shalat berjamaah dan iktikaf, mengembalikan fungsi masjid dalam mengikuti kemajuan zaman khususnya mendalami ilmu Islam.

Juga menjadikan masjid sebagai pusat kegiatan masyarakat menyangkut penyelesaian segala persoalan umat Islam, menjadikan masjid sebagai pusat kajian ilmu, dakwah, maklumat, tausiyah, bimbingan masyarakat, dan lainnya.

Perencanaan pembangunan Masjid Agung At Taqwa Kutacane, dilakukan tahun 2009 saat Ir H Hasanuddin masih menjabat Bupati Agara. Realisasinya berlangsung enam tahun berturut-turut dengan dana dari APBK, APBA.

Ikuti kami di
KOMENTAR
247 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved