sejarah

Berdiri Sejak 1975, Yayasan Al Hanafiah Ini Khusus Pondok Pesantren Putri di Samalanga, Bireun

Dayah putri ini berada di Gampong Putoh, Samalanga bersebelahan dengan Dayah Mudi Mesra serta Dayah Ummul Ayman Samalanga.

Penulis: Yusmandin Idris
Editor: Khalidin
SERAMBINEWS.COM/YUSMANDIN IDRIS
Yayasan Al Hanafiah, Pondok Pesantren Puteri Muslimat, di Gampong Putoh, Samalanga bersebelahan dengan Dayah Mudi Mesra dan juga Dayah Ummul Ayman Samalanga Samalanga, Bireuen. 

SERAMBIWIKI.COM - Yayasan Al Hanafiah, Pondok Pesantren Putri Muslimat, Samalanga, Bireuen merupakan salah satu dayah yang khusus mendidik santri putri.

Pesantren ini  juga terdapat sekolah formal yaitu SMP hingga SMA  khusus untuk pelajar putri.

Dayah Puteri Muslimat ini berada di Gampong Putoh, Samalanga bersebelahan dengan Dayah Mudi Mesra serta Dayah Ummul Ayman Samalanga.

Ketua Yayasan Al Hanafiah, Pondok Pesantren Puteri Muslimat Tgk H Ahmadallah kepada Serambiwiki.com, Senin (15/03/2021) mengatakan, mengkhususkan mendidik santri putri sejak berdiri puluhan tahun lalu.

Secara singkat kata Tgk H Ahmadallah, dayah didirikan puluhan tahun lalu. Dikatakan, sebelum berdiri sendiri adalah bagian dari Dayah Ma’had Ulum Diniah Islamiah (MUDI) Samalanga, karena muridnya ramai maka dipisahkan tahun 1975.

Dayah Puteri Muslimat ini mengkhususkan mendidik santri wanita sedangkan Mudi Mesra khusus santri putra waktu itu.

Nah, sejak itu sampai sekarang dayah tersebut terus berkembang dan maju, luas areal mencapai
1,9 hektar lebih.

Baca juga: dr H Taqwallah MKes, Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh, Mengawali Karir dari Seunuddon dan Samalanga

Baca juga: Meuligoe Bupati Bireuen, Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia

Amatan Serambiwiki pada pintu masuk terdapat petugas piket yaitu santri putri. Ada dua pintu atau pos untuk masuk ke komplek dayah tersebut.

Wartawan yang datang ke komplek Dayah Putri Muslimat ini didampingi Tgk Muhajir S Hi selaku sekretaris dayah berkeliling dayah tersebut, bangunan bertingkat tiga sebagian sebagai asrama putri dan sebagian ruang belajar.

Terdapat kantor yayasan, kantor kepala sekolah SMA, SMP maupun ruang guru.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved