sejarah

Berdiri Sejak 1975, Yayasan Al Hanafiah Ini Khusus Pondok Pesantren Putri di Samalanga, Bireun

Dayah putri ini berada di Gampong Putoh, Samalanga bersebelahan dengan Dayah Mudi Mesra serta Dayah Ummul Ayman Samalanga.

Penulis: Yusmandin Idris
Editor: Khalidin
SERAMBINEWS.COM/YUSMANDIN IDRIS
Yayasan Al Hanafiah, Pondok Pesantren Puteri Muslimat, di Gampong Putoh, Samalanga bersebelahan dengan Dayah Mudi Mesra dan juga Dayah Ummul Ayman Samalanga Samalanga, Bireuen. 

SERAMBIWIKI.COM - Yayasan Al Hanafiah, Pondok Pesantren Putri Muslimat, Samalanga, Bireuen merupakan salah satu dayah yang khusus mendidik santri putri.

Pesantren ini  juga terdapat sekolah formal yaitu SMP hingga SMA  khusus untuk pelajar putri.

Dayah Puteri Muslimat ini berada di Gampong Putoh, Samalanga bersebelahan dengan Dayah Mudi Mesra serta Dayah Ummul Ayman Samalanga.

Ketua Yayasan Al Hanafiah, Pondok Pesantren Puteri Muslimat Tgk H Ahmadallah kepada Serambiwiki.com, Senin (15/03/2021) mengatakan, mengkhususkan mendidik santri putri sejak berdiri puluhan tahun lalu.

Secara singkat kata Tgk H Ahmadallah, dayah didirikan puluhan tahun lalu. Dikatakan, sebelum berdiri sendiri adalah bagian dari Dayah Ma’had Ulum Diniah Islamiah (MUDI) Samalanga, karena muridnya ramai maka dipisahkan tahun 1975.

Dayah Puteri Muslimat ini mengkhususkan mendidik santri wanita sedangkan Mudi Mesra khusus santri putra waktu itu.

Nah, sejak itu sampai sekarang dayah tersebut terus berkembang dan maju, luas areal mencapai
1,9 hektar lebih.

Baca juga: dr H Taqwallah MKes, Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh, Mengawali Karir dari Seunuddon dan Samalanga

Baca juga: Meuligoe Bupati Bireuen, Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia

Amatan Serambiwiki pada pintu masuk terdapat petugas piket yaitu santri putri. Ada dua pintu atau pos untuk masuk ke komplek dayah tersebut.

Wartawan yang datang ke komplek Dayah Putri Muslimat ini didampingi Tgk Muhajir S Hi selaku sekretaris dayah berkeliling dayah tersebut, bangunan bertingkat tiga sebagian sebagai asrama putri dan sebagian ruang belajar.

Terdapat kantor yayasan, kantor kepala sekolah SMA, SMP maupun ruang guru.

Di sela-sela bangunan terdapat balai, para santri sedang mengikuti pengajian di sejumlah ruangan masing-masing.

Kegiatan kedayahan berlangsung dari pagi hingga siang, kemudian shalat dhuhur, sorenya baru mulai belajar formal baik jenjang SMP maupun SMA, malamnya mengaji lagi.

“Masing-masing sekolah memiliki bangunan dan ruangan tersendiri,” ujar Tgk Muhajir.

Saat ini terdapat sekitar 2.000 santri yang sedang belajar di pesantren tersebut, sebagian santri adalah siswa SMP dan sebagian lainnya siswa SMA dan ada juga yang khusus sebagai santri tidak tercatat sebagai siswa SMP maupun SMA.

Para santri yang belajar sekaligus mondok di pesantren tersebut bukan saja dari kabupaten/kota di Aceh, tapi banyak juga dari Medan, Jakarta.

“Yang tidak ada disini santri dari luar negeri karena harus mengurus izin sampai ke Jakarta,” ujarnya.

Sementara jumlah tenaga pengajar khusus untuk sekolah formal mencapai puluhan orang mengajar di SMP dan SMA, sedangkan guru dayah tercatat 200 orang lebih, para guru dayah mondok di pesantren tersebut.

Tgk Muhajir mengatakan, SMP swasta Muslimat saat ini dikepalai Hj Husna Kasim S.Pd, sedangkan SMA dikepalai H Zainuddin S Pd, sedangkan yayasan dipimpin Tgk H Ahmadallah.

Pimpinan Yayasan Al Hanafiah, Tgk H Ahmadallah menambahkan, pesantren atau dayah Puteri Muslimat selain mengajarkan kitab kuning juga terdapat pendidikan formal yang mencakup SMP dan SMA, majelis taklim
dan usaha ekonomi produktif.

Setiap santri atau siswa adalah santri kedayahan tentunya semua santri wajib mengikuti belajar kitab salafiah
baik di bidang fiqah, tauhid maupun tasawuf.

Ikuti kami di
KOMENTAR
235 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved