Sejarah

Tugu Tani di Nagan Raya, Jejak Keberhasilan Presiden Soeharto Memajukan Sektor Pertanian

Bangunan berusia 35 tersebut adalah ‘tugu keberhasilan pertanian’ bukti sejarah jika Presiden Soeharto dan Ibu Negara Tien pernah datang ke Nagan Raya

SERAMBIWIKI/RIZWAN
Tugu pertanian di perkarangan Masjid Desa Lung Baro, Kecamatan Suka Makmue, Nagan Raya, Minggu (7/3/2021). 

Laporan Rizwan/Nagan Raya

SERAMBIWIKI.COM, SUKA MAKMUE – Sebuah tugu yang di atas terdapat kupiah Teuku Umar hingga kini masih terlihat menarik di perkarangan Masjid Syuhada, Desa Lueng Baro, Kecamatan Suka Makmue, Nagan Raya.

Bangunan yang sudah berusia 35 tersebut merupakan ‘tugu keberhasilan pertanian’ bukti sejarah bahwa Presiden Soeharto dan Ibu Negara Tien pernah datang ke Nagan Raya pada 26 Maret 1986 silam.

Nagan Raya ketika itu masih menjadi daerah Aceh Barat sebab daerah tersebut baru mekar pada tahun 2002 silam.

Pada tugu tertera tulisan pada empat sisi meliputi bagian depan dan belakang tertera ‘di halaman mesjid syuhada inilah Bapak Presiden RI dan Ibu Tien Soeharto meresmikan keberhasilan pertanian Aceh Barat 26 Maret 1986’.

Berikutnya pada bagian kiri dan kanan tertulis ‘operasi khusus gelora petani makmue nanggroe, gerakan makmue beusaree, geuma beusaree’ serta operasi khusus gelora petani makmue nanggroe zona pertanian.

Tugu yang dicat sederhana tersebut sering menjadi perhatian warga terutama jamaah yang akan melaksanakan shalat di masjid Lueng Baro tersebut.

Baca juga: Asilmi, Masjid Warisan Soeharto di Kota Subulussalam, Selalu Ramai Jamaah

Baca juga: Banyak yang Menyangka Ini Tugu Cina, Ternyata Ada Sejarah Heroik di Balik Monumen di Pasar Keumire

Apalagi zona pertanian yang tertera di tugu sangat tepat dengan kondisi Nagan Raya yang dikenal dengan daerah lumbung pangan atau sebagai salah satu daerah penghasil beras di Aceh.

Banguan tersebut merupakan salah satu jejak upaya Presiden Soeharto memajukan sektor pertanian untuk meraih swasembada pangan.

“Tugu ini dibangun sudah sangat lama sekali ketika datang Presiden Soeharto ke daerah kami,” begitulah ungkap Camat Suka Makmue, Drs Teuku Raja Idrus menjawab Serambiwiki.com, Minggu (7/3/2021).

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Rizwan
Editor: Khalidin
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved