Sejarah

Tiga Presiden Sudah Kunjungi Dataran Tinggi Gayo, Pak Harto, SBY, Jokowi

Presiden yang akrab disapa Pak Harto disambut di disambut dengan adat Gayo. Presiden juga dikenakan kain adat “opoh ulen-ulen.”

zoom-inlihat foto Tiga Presiden Sudah Kunjungi Dataran Tinggi Gayo, Pak Harto, SBY, Jokowi
FOR SERAMBINEWS.COM
Presiden Joko Widodo di Bener Meriah

Laporan Fikar W.Eda/Jakarta

SERAMBIWIKI.COM---Tiga Presiden Republik Indonesia telah mengunjungi Dataran Tinggi Gayo Aceh Tengah dan Bener Meriah dalam kurun waktu berbeda.

Presiden ke-2 RI, Soeharto berkunjung ke Aceh Tengah pada 1983 saat meresmikan Pabrik Gula Mini Belang Mancung di Desa Buter.

Presiden yang akrab disapa Pak Harto disambut di disambut dengan adat Gayo. Presiden juga dikenakan kain adat “opoh ulen-ulen.”

Presiden ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengunjungi Tanah Gayo
Presiden ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengunjungi Tanah Gayo (FOR SERAMBINEWS.COM)

Selanjutnya 30 tahun kemudian, pada 9 Juli 2012, giliran Presiden ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengunjungi Tanah Gayo, dalam rangka menghibur rakyat Belang Mancung yang terluka akibat gempa berkekuatan 6,2 Skala Richter.

Ketika itu, Presiden SBY datang bersama Ibu Negara Ani Yudhoyono mengunjungi lokasi pengungsian Desa Kute Gelime, Ketol, Aceh Tengah.

SBY memakai kemeja lengan pendek warna gelap. Sedangkan Ani Yudhoyono berbaju hitam dan jilbab warna senada.

Baca juga: Gua Loyang Sekam, Tempat Sembunyi Sultan Aceh Saat di Tanah Gayo

Baca juga: Mengenal Sejarah Gayo, Salah Satu Etnis Tertua di Nusantara

Presiden SBY duduk bersama korban gempa Gayo di dalam tenda. Beberapa pengungsi terlihat menangis usai bersalaman dengan SBY dan Ibu Ani. Ratusan warga juga memenuhi posko pengungsi di Desa Kuta Gelime itu.

Giliran Presiden ke-7 RI, Ir, Joko Widodo mengunjungi Bener Meriah pada Rabu (2/3/2016).

Presiden meresmikan pengembangan Bandara Rembele. Hadir dalam acara peresmian pengembangan bandara itu antara lain Menhub Ignasius Jonan, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Seskab Pramono Anung.

Bandara Rembele merupakan satu-satunya pintu gerbang utama melalui jalur udara untuk memasuki daerah Dataran Tinggi Gayo. Bandara ini mulai dibangun sejak awal tahun 2000.

Pak Harto Resmikan Pabrik Gula Mini Belang Mancung Aceh Tengah (foto HM Kasim Amin)
Pak Harto Resmikan Pabrik Gula Mini Belang Mancung Aceh Tengah (foto HM Kasim Amin) (FOR SERAMBINEWS.COM)

Presiden Joko Widodo menyempatkan bertemu dengan orang tua angkat dan kerabat-kerabatnya saat sama-sama bertugas di PT KKA. Presiden pernah tiggal di Bener Meriah pada 1986-1988. Ketika itu Bener Meriah masih belum pemekaran dan masuk dalam wilayah Aceh Tengah.

Kedatangan Jokowi disambut dengan upacara adat dan dikenakan “bulang gayo” dan kaina dat “opoh ulen-ulen.” Presiden tetap mengenakan kaina dat itu selama acara.

"Kenapa ini saya pakai terus? Biar rasanya sampai ke dalam bahwa saya ini orang Gayo, kampung halaman saya kedua," ucap Presiden Jokowi ketika itu. (fikar w.eda)

Ikuti kami di
Penulis: Fikar W Eda
Editor: Khalidin
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved