Sosok

Kisah Danial dari Karier Kepala KUA, Lalu Direktur Pascasarjana Sekarang Rektor IAIN Lhokseumawe

Sebelumnya, Danial sudah menjadi dosen tidak tetap di beberapa perguruan tinggi di Aceh. Selama dua tahun 1999-2000, Danial menjadi dosen di IAIN

Penulis: Jafaruddin
Editor: Khalidin
SERAMBINEWS.COM
Rektor IAIN Lhokseumawe Periode 2021-2025 Dr Danial 

Laporan Jafaruddin I Lhokseumawe

SERAMBIWIKI.COM,  – Dr Danial SAg MAg kini sudah menduduki jabatan Rektor IAIN Malikussaleh Lhokseumawe untuk empat tahun mendatang setelah dilantik oleh Menteri Agama (Menag)RI,Yaqut Cholil Qoumas pada Selasa (2/3/2021).

Danial menjadi Rektor kedua setelah kampus tersebut alih status dari STAIN menjadi IAIN Lhokseumawe. Ia ditetapkan sebagai Rektor IAIN Lhokseumawe setelah mengikuti uji kelayakan dan kepatutan di pada 23 Februari 2021 secara virtual dengan tim Kemenag RI.

Danial sudah 21 tahun lebih mengabdi sebagai PNS. Pria kelahiran 26Februari 1976itu mengawali kariernya dalam jabatan sebagai Kepala Urusan Agama (KUA), Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen selama dua tahun 2003-2005.

Namun sebelumnya, Danial sudah menjadi dosen tidak tetap di beberapa perguruan tinggi di Aceh. Selama dua tahun, 1999-2000, Danial menjadi dosen di IAIN Ar-Raniry Banda Aceh (sekarang UIN).

Dalam dua tahun yang sama Danial juga mengajar di Sekolah Tinggi Agama Islam Tgk. Chik Pante Kulu BandaAceh.

Kemudian juga sempat menjadi dosen tidak tetap selama empat tahun, 2000-2004 ketika Kampus IAIN Lhokseumawe masih berstatus swasta yaitu Sekolah Tinggi Agama Islam Malikussaleh Lhokseumawe.

Lalu mulai 2005 Danial menjadi dosen tetap dan mendapat kepercayaan sebagai Kepala Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu STAIN MalikussalehLhokseumaweselama dua tahun, 2005-2006.

Kariernya menanjak lagi, setelah mendapat kepercayaan sebagai Pembantu Ketua II Bidang Administrasi dan Keuangan STAIN Malikussaleh Lhokseumawe selama dua tahun 2006-2007.

Baca juga: Melihat Museum Kota Lhokseumawe, Ada 88 Benda Bersejarah, Mulai dari Tima Situek Hingga Naskah Kuno

Baca juga: Suaidi Yahya, Wali Kota Lhokseumawe dari Eks Kombatan GAM

Tahun 2008, Danial menyelesaikan pendidikan magister pada IAIN Banda Aceh, jurusan fikih modern.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved