Sejarah

Begini Cerita Asal Usul Penamaan Singkil

Singkil berasal dari kata sekel artinya mau. Sekel sendiri merupakan bahasa ibu suku Singkil yang jadi penduduk mayoritas di Kabupaten Aceh Singkil.

Penulis: Dede Rosadi
Editor: Khalidin
SERAMBINEWS.COM/DEDE ROSADI
Rumah Gadang di Desa Ujung, Kecamatan Singkil, Aceh Singkil, yang didirikan tahun 1904 menjadi bukti sejarah lahirnya New Singkil (Singkil Baru), Kamis (1/8/2019) 

SERAMBIWIKI.COM, SINGKIL -  Singkil,  ibu kota Kabupaten Aceh Singkil yang terletak paling selatan  Provinsi Aceh sejak sepuluh tahun terakhir namanya kian harum semerbak oleh pesona wisata lautnya di Pulau Banyak.

Keindahan laut, lingkungan sosial dan budayanya menyimpan banyak cerita, namun hanya sebagian yang tercatat dan terekam dalam sejarah, termasuk asal usul nama Singkil tidak memiliki catatan dokumentasi yang lengkap.

Sepintas, nama ibu kota kabupaten ini memang terdengar biasa walau unik. Namun taukah Anda, apa yang mendasari terciptanya nama ini?

Ibu kota Kabupaten Aceh Singkil, dinamai Singkil, memiliki riwayat tersendiri. Kisah itu berdasarkan cerita turun temurun. Sayangnya belum ada literatur kapan persisnya nama Singkil mulai ditabalkan.

Dalam peta-peta (map) lama Portugis dan Belanda, nama Singkil sudah dipakai dengan sebutan New Singkel, Chinqueele atau Quinchell sekira abad ke-15.

Nama Singkil berdasarkan riwayatnya berasal dari kata sekel artinya mau. Sekel sendiri merupakan bahasa ibu suku Singkil yang jadi penduduk mayoritas di Kabupaten Aceh Singkil.

Baca juga: Kuburan Tua di Ukhuk Datakh Petunjuk Tempat Lahir Syekh Abdurrauf di Aceh Singkil

Baca juga: Lompong Sagu, Makanan Khas Kabupaten Aceh Singkil

Asal usul nama Singkil berasal dari kata sekel pernah menjadi pembahasan dalam diskusi bertajuk Sejarah Peradaban Singkel yang diselenggarkan Himpunan Mahasiswa Singkil-Langsa (Himasila), di Warung Sinanggel, Tanah Bara, Aceh Singkil pada 8 Desember 2020.

Aslym Combih sejarawan dalam diskusi tersebut mengatakan nama Singkil berasal dari kata sekel artinya mau, bersedia, berkenan. Singkil sendiri sudah dikenal sejak abad XV sebagai nama kerajaan.

Mengutip catatan Tom Pieres kata Aslym, terdapat berbagai variasi penulisan untuk Singkil. Ada Chinqueele dan Quinchell. "Sedangkan Petrus Plancius menyebutnya Singkel," ujar Aslym.

Beda lagi dengan penabalan nama belakang Syekh Abdurrauf As Singkily. Singkil ditulis dengan Singkily.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved