Sejarah

Almunawarah Masjid Pertama Subulussalam

Masjid almunawarah berdiri dengan diprakarsai almarhum, H. Raja Ulasi, Almarhum H.Abdul Muluk, Khuzaini Jakfar dan almarhum H.Baihaqi Kombih

Penulis: Khalidin
Editor: Khalidin
SERAMBINEWS.COM/KHALIDIN UMAR BARAT
MASJID Almunawarah berada di Pusat Kota Subulussalam tepatnya Jalan Syekh Hamzah Fansury, Desa Subulussalam Selatan terpaut sekitar seratus meter dari pertigaan tugu Simpang Rundeng. 

SERAMBIWIKI.COM, SUBULUSSALAM - MASJID Almunawarah berada di Pusat Kota Subulussalam tepatnya Jalan Syekh Hamzah Fansury, Desa Subulussalam Selatan terpaut sekitar seratus meter dari pertigaan tugu Simpang Rundeng.

Sebelumnya masjid yang berdiri pada tahun 1983 di mana daerah ini masih berinduk ke Kabupaten Aceh Selatan sempat jadi mushalla.

Saat berdiri, masjid ini bernama Jamik. Namun diganti menjadi Almunawarah oleh Ustaz Abu Sulaiman semasa daerah ini masih dalam wilayah Kabupaten Aceh Singkil.

Masjid almunawarah berdiri dengan diprakarsai sejumlah tokoh seperti H. Raja Ulasi yang kala itu menjabat sebagai Camat Simpang Kiri era tahun 1983-an.

Lalu H.Baihaqi Kombih Kepala KUA Runding bersama rekannya Khuzaini Jakfar dan H.Abdul Muluk.

Almunawarah merupakan masjid pertama berdiri di Subulussalam selaku ibu Kota Kecamatan Simpang Kiri.

Dalam perjalanan waktu, masjid yang berada di sebelah kiri jalan menuju Rundeng ini sempat berubah menjadi Mushalla sekitar tahun 1990-an.

Baca juga: Asilmi, Masjid Warisan Soeharto di Kota Subulussalam, Selalu Ramai Jamaah

Baca juga: Kisah Bintang, Dari Sopir Angkot Jadi Pengusaha Sukses Hingga Jadi Wali Kota Subulussalam

Hal itu menyusul dibangunnya masjid Yayasan Amal Bakti Muslim Pancasila yang kini namanya dirubah menjadi Assilmi di Jalan Teuku Umar sebagai masjid besar di Subulussalam.

Belasan tahun menjadi mushala, Almunawarah kembali difungsikan sebagai masjid pada tahun 2003 saat pemekaran desa di Subulussalam hingga sekarang.

Bagi masyarakat Subulussalam, Almunawarah menjadi masjid yang sangat strategis karena terletak di jantung kota dan begitu pula bila ada pelintas dari Kecamatan Runding maupun masyarakat Aceh dari arah meulaboh menuju Medan Sumatera Utara.

MASJID Almunawarah berada di Pusat Kota Subulussalam tepatnya Jalan Syekh Hamzah Fansury, Desa Subulussalam Selatan terpaut sekitar seratus meter dari pertigaan tugu Simpang Rundeng.  Foto saat proses renovasi 2009 lalu.
MASJID Almunawarah berada di Pusat Kota Subulussalam tepatnya Jalan Syekh Hamzah Fansury, Desa Subulussalam Selatan terpaut sekitar seratus meter dari pertigaan tugu Simpang Rundeng. Foto saat proses renovasi 2009 lalu. (SERAMBINEWS.COM/KHALIDIN UMAR BARAT)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved