Sejarah

Asilmi, Masjid Warisan Soeharto di Kota Subulussalam, Selalu Ramai Jamaah

Tapi taukah anda, bangunan tersebut dulunya bernama masjid Pancasila. Benar, Asilmi adalah salah satu masjid peninggalan Presiden ke-2 RI HM Soeharto

Penulis: Khalidin
Editor: Zainal M Noor
SERAMBINEWS.COM/KHALIDIN UMAR BARAT
Masjid Asilmi setelah direnovasi. Bangunan yang berbentuk ‘rumah joglo’ ini dulunya bernama masjid Pancasila. Asilmi merupakan salah satu masjid peninggalan Presiden ke-2 Republik Indonesia, HM Soeharto terletak di sisi jalan Teuku Umar pusat Kota Subulussalam. Foto direkam April 2020.
SERAMBINEWS.COM/KHALIDIN UMAR BARAT
MASJID ASILMI yang bangunan yang berbentuk ‘rumah joglo’ ini dulunya bernama masjid Pancasila. Benar, Asilmi merupakan salah satu masjid peninggalan Presiden ke-2 Republik Indonesia, HM Soeharto terletak di sisi jalan Teuku Umar pusat Kota Subulussalam. Foto direkam Januari 2007.
SERAMBINEWS.COM/KHALIDIN UMAR BARAT
FOTO Masjid Asilmi saat proses renovasi pelebaran. Bangunan yang berbentuk ‘rumah joglo’ ini dulunya bernama masjid Pancasila. Asilmi merupakan salah satu masjid peninggalan Presiden ke-2 Republik Indonesia, HM Soeharto terletak di sisi jalan Teuku Umar pusat Kota Subulussalam. Foto direkam beberapa waktu lalu.
SERAMBINEWS.COM/KHALIDIN UMAR BARAT
Masjid Asilmi setelah direnovasi. Bangunan yang berbentuk ‘rumah joglo’ ini dulunya bernama masjid Pancasila. Asilmi merupakan salah satu masjid peninggalan Presiden ke-2 Republik Indonesia, HM Soeharto terletak di sisi jalan Teuku Umar pusat Kota Subulussalam. Foto direkam April 2020.
SERAMBINEWS.COM/KHALIDIN UMAR BARAT
FOTO LAWAS Masjid Asilmi saat proses renovasi. Bangunan yang berbentuk ‘rumah joglo’ ini dulunya bernama masjid Pancasila. Asilmi merupakan salah satu masjid peninggalan Presiden ke-2 Republik Indonesia, HM Soeharto terletak di sisi jalan Teuku Umar pusat Kota Subulussalam. Foto direkam tahun 2012 lalu.

Laporan Khalidin I Subulussalam

SERAMBIWIKI.COM, SUBULUSSALAM – Asilmi, begitu nama yang kini melekat pada salah satu masjid di Kota Subulusalam.

Bangunan yang semula berbentuk ‘rumah joglo’ ini terletak di sisi jalan Teuku Umar pusat Kota Subulussalam.

Bagi sebagian orang yang sering berkunjung ke Kota Subulussalam apalagi penduduk setempat mungkin masjid Assilmi sudah tidak asing lagi menjadi pilihan untuk menunaikan ibadah shalat.

Tapi taukah anda, bangunan tersebut dulunya bernama masjid Pancasila. Benar, Asilmi merupakan salah satu masjid peninggalan Presiden ke-2 Republik Indonesia, HM Soeharto.

“Masjid ini satu dari 999 masjid yang dibangun oleh Yayasan Amal Bhakti Muslim Pancasila (YAMP),” kata H Ansari Idrus Sambo SH, Ketua Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Aslimi kepada Serambiwiki.com, Selasa 1 Desember 2020

Masjid ini dibangun pada tahun 1989 di hamparan lahan seluas satu hektare. Kemudian sekitar tahun 1992 tepatnya bulan Februari Masjid ini pun diresmikan langsung oleh Harmoko, Menteri Penerangan kala itu.

SITUASI dalam ruangan Masjid Asilmi, Kota Subulussalam. Foto direkam, Selasa (1/12/2020)
SITUASI dalam ruangan Masjid Asilmi, Kota Subulussalam. Foto direkam, Selasa (1/12/2020) (SERAMBINEWS.COM/KHALIDIN UMAR BARAT)

Hingga sekarang, masjid warisan Soeharto ini masih berdiri kokoh dengan arsitektur khas Indonesia. Di samping sebelah kanan masjid terdapat bangunan Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN).

Lalu di bagian belakang masjid atau persis sebelah timur berdiri banguna perpusatakaan serta fasilitas MCK untuk kaum wanita.

Awalnya, pada bagian atap memiliki 3 tingkat dengan genteng warna coklat tua.  Tidak ada kubah beton berbentuk bulat lonjong, sebagaimana masjid pada umumnya.

Yang ada cungkup tiga susun yang makin ke atas makin kecil dengan bahan genting. Di pucuk atap terdapat lafaz "Allah" dalam tulisan Arab di dalam segi lima. Itulah ciri khasnya.

Keunikan lainnya bangunan ini tanpa tiang penyangga di bagian tengah masjid sehingga ruangan terlihat lapang.

Masjid ini persis berada di sisi kiri jalan jika Anda berkendara dari Banda Aceh menuju Medan, Sumatera Utara.

Baca juga: Masjid Raya Baiturrahman

Baca juga: Masjid Baitul Quddus, Sumbangan Pembaca Harian Serambi Indonesia di Tepi Danau Laut Tawar

Masjid Pancasila merupakan sumbangan dari Yayasan Amal Bakti Pancasila. Sebuah yayasan yang salah satu tokoh pendirinya adalah Presiden Soeharto.

Sebelum Masjid Agung Subulussalam difugsikan, sederet kegiatan keagamaan tingkat Pemko Subulussalam dilaksanakan di Asilmi. Asilmi menjadi masjid tingkat kecamatan selama belasan tahun lalu.

Lalu setelah Pemko Subulussalam lahir Asilmi menjadi masjid tingkat kota. Malah, sebelum lahirnya Pemko Subulussalam pernah pula dilaksanakan kegiatan terkait pemekaran kota ini dan dihadiri Sekda Aceh Thantawi Ishak kala itu.

Para tamu besar termasuk ustaz atau tokoh penting lainnya ketika berkunjung ke berkunjung ke Subulussalam acapkali meluangkan waktu shalat berjamaah di Masjid Asilmi dan menyampaikan tausiah.

Setelah puluhan tahun dibangun masjid tersebut akhirnya mengalami renovasi. Ini karena jumlah jamaah yang kian ramai sementara daya tamping masjid pancasila yang kini bernama Asilmi terbatas.

Sekitar tahun 2011 yang lalu bangunan masjid Asilmi direnovasi. Beberapa komponen bangunan mengalami perubahan karena pelebaran.

Baca juga: Kisah Bintang, Dari Sopir Angkot Jadi Pengusaha Sukses Hingga Jadi Wali Kota Subulussalam

Mulai dinding, atap, plafon, serta pembuatan tiang penyangga. Begitu pula lantai masjid yang tadinya keramik biasa, kini sudah diganti dengan granit. Terdapat pula empat menara di bagian sudut masjid.

Ikuti kami di
KOMENTAR
186 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved