Budaya atau Tradisi

Keuneunong, Peusijuek, dan Rapai Bubee, Tiga Budaya Aceh Ditetapkan Sebagai Warisan Budaya Nasional

Penetapan tiga karya itu dalam sidang penetapan warisan tak benda (WBTB) Indonesia 2020 yang berlangsung, Jumat (9/10/2020).

Serambinews.com/Hendri
penari memainkan rapai 

SERAMBIWIKI.COM, ACEH - Tiga warisan budaya Aceh kembali ditetapkan sebagai Budaya Warisan Tak Benda (WBTB) Indonesia 2020.

Tiga karya budaya ini yakni, Keuneunong, Peusijuek, dan Rapai Bubee.

Penetapan tiga karya itu dalam sidang penetapan warisan tak benda (WBTB) Indonesia 2020 yang berlangsung, Jumat (9/10/2020).

Baca juga: Khanduri Blang atau Kenduri Sawah, Tradisi Petani di Aceh Mendoakan Tanaman Padi Bebas dari Hama

Kepada Serambinews.com, usai penetapan, Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Aceh dan Sumut Irini Dewi Wanti mengatakan, sidang penetapan dilaksanakan secara virtual melalui fasilitas Zoom Meeting, yang diikuti dinas yang mengurusi kebudayaan dari seluruh Indonesia, maestro budaya, Koordinator WBTB Aceh dan Sumut, Kepala Bidang Sejarah dan Nilai Budaya, serta budayawan Aceh Media Hus.

“Sidang penetapan dilaksanakan dalam Rapat Zoom Meeting, karena suasana pandemi. Pelaksana adalah Direktur Perlindungan Kebudayaan Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud,” ujar Irini Dewi Wanti.

Menurut Irini, tahun ini terdapat 153 karya budaya yang ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia.

Baca juga: Dari Samadiyah Hingga 100 Hari, Ini Rangkaian Kenduri dan Doa untuk Almarhum dalam Tradisi Aceh

Berikut ini adalah ulasan singkat tentang Keuneunong, Peusijuek, dan Rapai Bubee yang baru saja ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda (WBTb) Indonesia.

1. Keuneunong

“Keuneunong” adalah pengetahuan dan kebiasaan perilaku mengenai alam dan semesta, untuk menentukan waktu yang tepat bersawah, mulai dari menabur benih, sampai kepada penanaman benih.

Orang-orang tua atau teungku yang ahli di kampung melakukan “penelitian” secara  diam-diam, datang ke sawah pada malam hari  di waktu sepi untuk membajak sawah.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Hendri Abik
Editor: Zainal M Noor
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved