News

Ini Nama-Nama Utusan Aceh pada MTQ Nasional XXVIII di Padang Sumatera Barat

Data yang dihimpun Serambinews.com, 60 peserta yang mewakili Aceh itu hampir merata berasal dari semua kabupaten/kota.

Penulis: Hendri Abik
Editor: Zainal M Noor
Nasir Nurdin/Serambinews.com
Gubernur Aceh didampingi Ketua Komisi VI DPRA Irawan Abdullah, Kakanwil Kemenag Aceh Iqbal, dan Kadis Syariat Islam Aceh EMK Alidar foto bersama dengan kafilah Aceh yang akan berlomba di MTQ Nasional XXVIII ketika berkunjung ke pemondokan kafilah di Hotel Amaris, Padang, Sabtu (14/11/2020) sore. 

SERAMBIWIKI.COM, ACEH - Kafilah Aceh telah mengirim sebanyak 60 peserta plus ofisial untuk berlomba pada MTQ Nasional XXVIII di Padang, Sumatara Barat (Sumbar), 12-21 November 2020.

Berdasarkan informasi dari Kadis Syariat Islam Aceh, Dr. EMK Alidar, SAg, M.Hum, duta-duta Aceh akan mengikuti semua cabang yang diperlombakan.

Yaitu tilawah, qiraat sab’ah, tahfizh, tafsir, fahmil Quran, syarhil Quran, khatil Quran, dan Karya Tulis Ilmiah Alquran (KTIQ).

Kepada SerambiWIKI.com, salah seorang pelatih kafilah Aceh, Ustaz T. Mardhatillah, S. HI, MH dibenarkan Kepala UPTD Pengembangan dan Pemahaman Alquran (PPQ) Dinas Syariat Islam Aceh, Muzakkir SH mengakui persiapan peserta kali ini agak kurang maksimal karena pandemi Covid-19.

Tabel_1
Tabel_1 (Humas)

Peserta hanya sempat menjalani TC selama 12 hari, yaitu di awal Maret 2020.

Selanjutnya hingga November 2020, mereka latihan secara daring via aplikasi WA dan Zoom dibimbing pelatih masing-masing.

“Pada 10 hingga 12 November 2020 atau menjelang keberangkatan ke Padang, ketika dikarantina di LPTQ Aceh, mereka dilatih secara tatap muka,” ujar Ustaz Mardhatillah yang juga Kasi Bimbingan dan Pelatihan UPTD PPQ.

Data yang dihimpun Serambinews.com, 60 peserta yang mewakili Aceh itu hampir merata berasal dari semua kabupaten/kota.

Tabel_2
Tabel_2 (Humas)

Aceh Besar menjadi kabupaten yang mengirim peserta terbanyak ke MTQ Nasional XXVIII, yaitu 17 orang.

Berikutnya Aceh Timur 9 peserta, Aceh Utara 7 peserta, Pidie 6 peserta, Nagan Raya 4 peserta, Banda Aceh 3 peserta, Simeulue dan Aceh Jaya masing-masing dua peserta.

Sedangkan Pidie Jaya, Bireuen, Singkil, Subulussalam, Langsa, Lhokseumawe, Aceh Tengah, Aceh Selatan, Tamiang dan Gayo Lues masing-masing mengirim 1 peserta.

Tabel_3
Tabel_3 (Humas)

Tes SWab Semua Negatif

Menjelang berangkat ke Padang, kafilah Aceh juga menjalani serangkaian kegiatan seperti mengikuti acara penglepasan oleh Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT pada Senin malam, 9  November 2020 dan tes swab, Selasa (10/11/2020).

Tabel_5
Tabel_5 (Humas)
Tabel_4
Tabel_4 (Humas)

Tes swab PCR menjadi salah satu syarat yang ditetapkan oleh Panitia MTQ Nasional XVIII. “Alhamdulillah, hasil tes swab kafilah Aceh negatif semua,” tulis Ustaz Mardhatillah dalam grup WhatsApp Official Aceh MTQN 2020.

Sebelumnya, ketika melepas kafilah Aceh, Gubernur Nova Iriansyah berharap peserta dapat memberikan tampilan terbaik di MTQ Nasional XXVIII. Gubernur yakin dengan bekal latihan selama ini, Aceh akan mendapatkan posisi yang terhormat di even berskala nasional tersebut.

“Saya yakin persiapan sudah dilakukan dengan baik dan Insya Allah hari Jumat sudah berangkat ke Padang untuk berjuang membawa nama daerah dan merebut tempat terhormat untuk membanggakan Aceh,” kata Nova Iriansyah.

Tabel_6
Tabel_6 (Humas)

Nova mengatakan, tiga tahun lalu Aceh berhasil meraih peringkat ketujuh pada Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Nasional XXIV di Kalimantan Utara.

Kemudian pada MTQ Nasional XXVII di Sumut kafilah Aceh menempati peringkat ke tujuh nasional.

Selanjutnya pada STQ Nasional XXV di Pontianak Tahun 2019 Aceh menduduki peringkat keenam.

Tabel_7
Tabel_7 (Humas)

“Mudah-mudahan pada MTQ Nasional XXVIII di Sumbar kafilah Aceh bisa naik peringkat,” kata Nova Iriansyah diaminkan oleh peserta dan ofisial yang menghadiri acara penglepasan di Restoran Pendopo Gubernur.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved