Sosok

Sultan Daulat Sambo, Singa Tanoh Singkil yang Gigih Melawan Belanda, Diusul Jadi Pahlawan Nasional

Sultan Daulat telah resmi dinobatkan sebagai pahlawan daerah termasuk ditabalkan menjadi nama salah satu kecamatan di kota yang mekar 2 Januari 2007.

Laporan  Khalidin Umar Barat I Subulussalam

SERAMBIWIKI.COM, SUBULUSSALAM – Hari ini 10 November merupakan momen yang saban tahun diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Momen Hari Pahlawan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berkorban untuk memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Di Kota Subulussalam, seorang tokoh yang dinobatkan menjadi pahlawan daerah dan diharapkan ke depan bisa dianugerahi pahlawan nasional.

Dia adalah Sultan Daulat Sambo.

Sultan Daulat Sambo adalah salah satu nama raja yang tersohor di Bumi Kota Subulussalam.

Nama Sultan Daulat telah resmi dinobatkan sebagai pahlawan daerah termasuk ditabalkan menjadi nama salah satu kecamatan di kota yang mekar 2 Januari 2007 tersebut.

Sultan Daulat diambil dari nama seorang raja bermarga Sambo dan dikenal sebagai pahlawan sewaktu penjajahan dahulu.

Baca juga: Kisah Bintang, Dari Sopir Angkot Jadi Pengusaha Sukses Hingga Jadi Wali Kota Subulussalam

Baca juga: Berziarah ke Makam Pahlawan Nasional Laksamana Malahayati di Bukit Lamreh Aceh Besar

Dialah Sultan Daulat Sambo yang saat ini sudah dijadikan sebagai Pahlawan Daerah Kota Subulussalam dan saat ini sedang diusulkan menjadi pahlawan Nasional.

Usulan menjadi pahlawan nasional cukup beralasan karena banyaknya kontribusi Sultan Daulat terhadap kemerdekaan bangsa dan Negara Indonesia.

Gelar pahlawan daerah ini sebagai bentuk penghormatan atas perjuangannya mengusir penjajah di Aceh khususnya negeri yang dikenal dengan julukan Tanah Syekh Hamzah Fansury.

Berikut sejarah Sultan Daulat Sambo sebagaimana dituturkan Ustaz Sabaruddin Siahaan, S.PdI, Ketua Baitul Mal Kota Subulussalam.

Dikatakan, pada tahun 1940 seluruh Tanoh (tanah) Singkil (Kabupaten Aceh Singkil dan Pemko Subulussalam sekarang) sudah jatuh di tangan Belanda.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Khalidin
Editor: Zainal M Noor
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved