Sejarah

Laksamana Malahayati, Pejuang Perempuan Aceh Alumni Militer Binaan Sultan Selim II Turki Utsmaniyah

Malahayati menyelesaikan pendidikan di Akademi Militer Kerajaan, Ma'had Baitul Maqdis, yang didukung Sultan Selim II dari Turki Utsmaniyah.

Penulis: Hendri Abik
Editor: Zainal M Noor
Serambinews.com/Hendri
Komplek makam Malahayati 

SERAMBIWIKI.COM, KRUENG RAYA - Selasa 10 November 2020, Bangsa Indonesia kembali memperingati Hari Pahlawan.

Hari Pahlawan diperingati setiap tahun sebagai bentuk renungan dan ucapan terima kasih atas pengorban mereka untuk melepaskan Bangsa ini dari penjajahan bangsa asing.

Sebagai bagian dari memperingati Hari Pahlawan 2020, kami mengajak Anda untuk melihat dan mengenang perjuangan salah satu perempuan hebat dari Aceh, Laksamana Keumalahayati. 

Sang pejuang yang telah dianugerahkan gelar Pahlawan Nasional oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo ini, dimakamkan di atas perbukitan Desa Lamreh, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar.

Lokasi ini berjarak sekira 34 kilometer dari Kota Banda Aceh.

Di masa hidupnya Malahayati atau Keumalahayati, merupakan wanita yang menjadi Panglima Angkatan Laut, Kepala Dinas Rahasia Kerajaan, dan Protokol Istana masa Kerajaan Aceh yang dipimpin oleh Sultan Saidil Mukamil Alauddin Riayatsyah, sekitar tahun 1588-1604.

Ia juga menghimpun dua ribuan janda, untuk melawan Portugis dan Belanda hingga kemudian mendirikan sebuah benteng yang diberi nama Benteng Inong Balee.

Darah pejuangnya, turun dari ayahnya yaitu Laksamana Mahmud Syah.

Malahayati menyelesaikan pendidikan di Akademi Militer Kerajaan, Ma'had Baitul Maqdis, yang didukung Sultan Selim II dari Turki Utsmaniyah.

Nama Laksamana Malahayati semakin disegani, karena ia berhasil membunuh Cornelis de Houtman serta menahan adiknya Federick de Houtman di penjara Kerajaan Aceh.

Baca juga: Berziarah ke Makam Teungku Syiah Kuala, Mufti Agung Kesultanan Aceh Darussalam

Halaman selanjutnya

Begini Sejarahnya

...

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved