Sejarah Islam

Jelang MTQ Nasional Ke-28 Tahun 2020, Ini Daftar Nama Putra Putri Aceh Pengukir Prestasi Sejak 1981

Menurut informasi, karena MTQ Nasional ke-28 di Sumbar berlangsung di tengah pandemi Covid-19, pihak panitia meniadakan dua agenda kegiatan.

Editor: Zainal M Noor
Serambi Indonesia
Foto Dokumentasi saat Kepala Dinas Syariat Islam Aceh, Dr EMK Alidar SAg MHum (dua kiri) bersama Gubernur Sumut, Edi Rahmayadi (tiga kiri) pada malam penutupan MTQ Nasional ke-27 di Sumatera Utara, 12 Oktober 2018. Pada even nasional tersebut, Aceh masuk peringkat 7 besar. 

SERAMBIWIKI.COM, BANDA ACEH - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat nasional kembali dilaksanakan tahun ini.

Ini adalah MTQ Nasional ke 28 yang pernah digelar di Indonesia. 

MTQ Nasional Ke-28 ini akan berlangsung di Sumatera Barat (Sumbar) pada tanggal 12-21 November 2020.

Aceh mengirim 60 peserta mengikuti semua cabang yang dimusabaqahkan pada MTQN XXVII tahun 2020 ini.

Menurut informasi, karena MTQ Nasional ke-28 di Sumbar berlangsung di tengah pandemi Covid-19, pihak panitia meniadakan dua agenda kegiatan, yaitu pawai taaruf dan pameran/bazar karena pertimbangan dapat mengundang kerumunan massa.

Kadis Syariat Islam Aceh, Dr. EMK Alidar, SAg, M.Hum menginformasikan Kafilah Aceh dijadwalkan berangkat ke Sumbar pada 13 November 2020 setelah dilakukan penglepasan oleh Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT di Restoran Pendopo Gubernur Aceh, Senin malam, 9 November 2020.

“Persiapan sudah oke, meskipun pembinaan secara tatap muka tidak dapat kita laksanakan karena kendala Covid-19. Anak-anak tetap berlatih rutin secara daring di bawah arahan pelatih masing-masing,” kata Kadis Syariat Islam Aceh didampingi Kasi Bimbingan dan Pelatihan UPTD Pengembangan dan Pemahaman Alquran (PPQ), Ustaz T. Mardhatillah, S. HI, MH.

Ustaz Mardhatillah yang juga pelatih kafilah Aceh, menyampaikan, meskipun persiapan Aceh kurang maksimal karena Covid-19, pihaknya siap mengerahkan kemampuan maksimal demi memberikan hasil terbaik untuk masyarakat Aceh.

"Kami tetap berkeyakinan bahwa peserta akan menampilkan kemampuan maksimal mereka pada MTQ Nasinal di Sumbar. Semoga usaha kita kita ini dipandang oleh Allah SWT dan memperoleh hasil maksimal dengan qudrah dan iradah-Nya," ujar Ustaz Mardhatillah sebagaimana dilansir Serambi Indonesia, Sabtu 7 November 2020.

Untuk mengingatkan kembali, berikut kami turunkan kembali sejarah keikutsertaan Aceh dalam ajang MTQ tingkat Nasional.

Baca juga: Berziarah ke Makam Teungku Syiah Kuala, Mufti Agung Kesultanan Aceh Darussalam

Baca juga: Mengenal Kuala Batee di Aceh Barat Daya yang pernah Buat Geger Amerika

Sejarah Aceh di Ajang MTQ

Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Aceh melalui laman lptqaceh.org pernah menurunkan satu laporan tentang prestasi MTQ Aceh di panggung nasional sejak 1969 hingga 2014.

Menurut laporan itu, pada MTQ Nasional di Bandung, 1969, Aceh mengikutsertakan peserta untuk cabang tilawah semua golongan, yaitu kanak-kanak, remaja, dan dewasa sebanyak enam peserta (putra-putri).

Waktu itu, seorang peserta Aceh (golongan kanak-kanak putri) yaitu Siti Hawa tembus ke babak final dan menjadi juara II nasional.

Kala itu, Aceh mengukir prestasi gemilang sebagai juara umum.

Selanjutnya, pada 1977, ketika MTQ Nasional dilaksanakan di Manado, Aceh juga mengikuti semua cabang tilawah yang dimusabaqahkan, dan prestasi juara I nasional untuk kelompok dewasa putra diraih Hasanuddin Hasyim.

Kali ini, Aceh juga meraih prestasi sebagai juara umum.

Banda Aceh 1981 

Pada 1981, Aceh dipercayakan sebagai tuanrumah MTQ Nasional yang digelar di Kota Banda Aceh.

Pada even tersebut, LPTQ Aceh mengikutsertakan seluruh cabang yang dimusabaqahkan yaitu tilawah semua golongan, tahfizh, tafsir, fahmil Quran, syarhil Quran dan khattil Quran dengan jumlah 26 peserta.

Ikuti kami di
KOMENTAR
168 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved