Sosok

Kisah Bintang, Dari Sopir Angkot Jadi Pengusaha Sukses Hingga Jadi Wali Kota Subulussalam

Betapa tidak, sebelum menjadi orang nomor satu di Kota Subulussalam, H Affan Alfian Bintang ternyata pernah menjadi sopir angkot dan buruh bangunan.

Penulis: Khalidin
Editor: Zainal M Noor
FOR SERAMBINEWS.COM
Wali Kota Subulussalam, H. Affan Alfian Bintang SE 

SERAMBIWIKI.COM. SUBULUSSALAM - Meraih kesuksesan tak seperti membalikkan telapak tangan alias instan. 

Kesuksesan perlu diraih dengan usaha dan kerja keras bahkan tak jarang harus diawali dari nol dan tertatih-tatih.

Inilah yang dialami sosok pria bernama H Affan Alfian Bintang, SE, Wali Kota Subulussalam periode 2019-2024.

Betapa tidak, sebelum menjadi orang nomor satu di Kota Sada Kata tersebut, H Affan Alfian Bintang ternyata pernah menjadi sopir angkot (angkutan umum di Medan) dan buruh bangunan hingga pedagang kaki lima.

Ya, masa mudanya Bintang begitu sapaan suami Ny Hj Mariani Harahap SE mantan Wakil Ketua DPRK Subulussalam periode 2014-2019 ini bisa dikatakan tak terlalu menggembirakan.

Modalnya hanya kemauan belajar dan keinginan maju.

Di awal karirnya, prihatin adalah hal biasa bagi pria kelahiran Sidikalang, Dairi, Sumatra Utara, 28 Agustus 1968 tersebut.

Orang-orang di sekeliling mengakui kesuksesan Bintang  bukan jatuh dari langit.

Bintang jelas berusaha keras untuk maju.

Baca juga: Rusli Bintang, Pengusaha Nasional Berjuluk Ayah Anak Yatim, dari Lampoh Keude Aceh Besar

Baca juga: Kisah Cek Bay, Eks Penembak Misterius GAM yang Kini Jadi Anggota DPRK Aceh Utara

Dia terpaksa harus  bekerja banting tulang untuk mencukupi kehidupan keluarga, termasuk dirinya sendiri sebagai sopir angkot di Medan.

Tak tanggung-tanggung, Bintang melakoni pekerjaan sopir angkot  hingga empat tahun yakni terhitung sejak 1989-1992.

Affan Bintang menjadi sopir untuk mencari tambahan atas pendapatannya yang masih minim sebagai karyawan salah satu perusahaan.

Nah, saat sang suami menjadi sopir, sang istri  Hj Mariani pun tak malu menjadi kernet angkutan jurusan Padang Bulan tersebut.

”Benar, saya dulu pernah jadi sopir angkot di Medan, banyak asam garam yang saya lewati sebelum menjadi politikus,” kata Bintang dalam sebuah wawancara dengan Serambiwiki.com, Minggu (12/5/2019).

Empat tahun menjadi sopir angkot Bintang pun akhirnya mencoba peruntungan ke Kota Subulussalam.

H Affan Alfian Bintang SE menyambut kedatangan Ustaz Abdul Somad alias UAS di kediamannya saat berceramah ke Kota Subulussalam,  Sabtu (9/3/2019)
H Affan Alfian Bintang SE menyambut kedatangan Ustaz Abdul Somad alias UAS di kediamannya saat berceramah ke Kota Subulussalam, Sabtu (9/3/2019) (SERAMBINEWS.COM/KHALIDIN)

Hingga tahun 1993, ayah empat putra dan putri ini hijrah ke Kota Subulussalam yang dulu masih merupakan wilayah Aceh Selatan dengan status Kecamatan Simpang Kiri.

Di Subulussalam, Bintang juga bukan langsung mendapat peluang usaha yang cemerlang, tapi politisi Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Kota Subulussalam ini sempat menggeluti pekerjaan sebagai buruh bangunan.

Di awal mengadu nasib di Subulussalam yang masih tergabung dengan Kabupaten Aceh Selatan hidup Bintang tentu tidak semudah perkiraan, karena dia sempat melakoni pekerjaan buruh.

Bintang muda mengaku siap bekerja apa saja. Sopir angkot dan kuli bangunan telah ia lakoni. Kemudian Bintang juga mencoba pekerjaan buruh bangunan. 

Menjadi buruh bangunan bukanlah hal yang enak karena harus bekerja keras dengan status kernet pendapatan yang pas-pasan.

H Affan Alfian berfoto Ustaz Abdul Somad alias UAS di kediamannya saat berceramah ke Kota Subulussalam, Sabtu (9/3/2019) (SERAMBINEWS.COM/KHALIDIN)
H Affan Alfian berfoto Ustaz Abdul Somad alias UAS di kediamannya saat berceramah ke Kota Subulussalam, Sabtu (9/3/2019) (SERAMBINEWS.COM/KHALIDIN) (SERAMBINEWS.COM/KHALIDIN)
WALI Kota Subulussalam H Affan Alfian Bintang SE  (SERAMBINEWS.COM/KHALIDIN)
WALI Kota Subulussalam H Affan Alfian Bintang SE (SERAMBINEWS.COM/KHALIDIN) (SERAMBINEWS.COM/KHALIDIN)
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved