Pendidikan

Sejarah UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Bermula dari IAIN Ketiga di Indonesia

Universitas Islam Negeri Ar-Raniry atau yang disingkat UINAR merupakan perguruan tinggi islam negeri (PTKIN) yang berada di Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM/HENDRI
Universitas Islam Negeri Ar-Raniry 

SERAMBIWIKI.COM, BANDA ACEH – Universitas Islam Negeri Ar-Raniry atau yang disingkat UINAR merupakan perguruan tinggi islam negeri (PTKIN) yang berada di Banda Aceh.

Awalnya, UIN Ar-Raniry ini bernama Institut Agama Islam Negeri Ar-Raniry (IAIN).

IAIN Ar-Raniry menjadi IAIN ketiga di Indonesia, setelah IAIN Sunan Kalidjaga Yogyakarta dan IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Pada awal diresmikan, IAIN Ar-Raniry baru memiliki tiga fakultas, yaitu Fakultas Syari'ah, Fakultas Tarbiyah, dan Fakultas Ushuluddin.

Bertepatan dengan usia IAIN Ar-Raniry yang ke-50 tahun, yakni pada 5 Oktober 2013, perguruan tinggi ini mengubah wajah dan namanya dari Institutut menjadi Universitas.

Pengubahan nama dan status ini dilakukan melalui PERPRES No. 64 Tahun 2013 yang dikeluarkan dan mulai berlaku pada tanggal 1 Oktober 2013.

Sejak itu, IAIN Ar-Raniry resmi menyandang nama dan status baru, yaitu Universitas Islam Negeri Ar-Raniry (UIN Ar-Raniry).

Mengenal Universitas Syiah Kuala Atau Unsyiah, Kampus Tertua di Aceh

Mengenal Haji Harun Keuchik Leumiek, Dari Saudagar Emas, Wartawan, Hingga Budayawan

Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
Universitas Islam Negeri Ar-Raniry (SERAMBINEWS.COM/HENDRI)

Sejarah

Dikutip dari uin.ar-raniry.ac.id, IAIN adalah singkatan dari Institut Agama Islam Negeri dan kata Ar-Raniry yang dinisbahkan dari nama seorang Ulama besar dan mufti yang sangat berpengaruh pada masa Sultan Iskandar Tsani (memerintah tahun 1637-1641).

Ulama besar tersebut nama lengkapnya Syeikh Nuruddin Ar-Raniry yang berasal dari Ranir (sekarang Rander) di Gujarat, India.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Hendri Abik
Editor: Zainal M Noor
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved