Pendidikan

Mengenal Universitas Syiah Kuala Atau Unsyiah, Kampus Tertua di Aceh

Universitas Syiah Kuala atau disingkat dengan Unsyiah merupakan Universitas Negeri di Aceh.

Penulis: Hendri Abik
Editor: Zainal M Noor
SERAMBIWIKI/HENDRI ABIK
Pusat Administrasi Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Darussalam, Banda Aceh, Rabu (23/9/2020). 

SERAMBIWIKI.COM, BANDA ACEH - Universitas Syiah Kuala atau disingkat dengan Unsyiah merupakan sebuah Universitas Negeri di Aceh.

Unsyiah terletak di Kota pelajar dan Mahasiswa (Kopelma) Darusalam, dengan jarak lebih kurang 8 KM dari pusat kota Banda Aceh.

Kampus tertua di Aceh, berdiri pada tanggal 2 September 1961 dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan Nomor 11 tahun 1961, tanggal 21 Juli 1961.

Dan dikukuhkan dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia, nomor 161 tahun 1962, tanggal 24 April 1962 di Kopelma Darussalam, Banda Aceh.

Saat ini di Unsyiah memiliki lebih dari 30.000 orang mahasiswa yang menuntut ilmu di 12 Fakultas dan Program Paska Sarjana.

Universitas yang merupakan sebagai Jantung Hati Rakyat Aceh ini, mengutamakan mutu, Usyiah mengintegrasikan nilai-nilai universal, nasional, dan lokal untuk melahirkan sumberdaya manusia yang memiliki keselarasan dalam antara IPTEK dan IMTAQ.

Keseimbangan diantara keduanya menjadi komponen utama dalam menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, berbudi pekerti, menjunjung tinggi etika, estetika serta berakhlak mulia.

Yayasan Dana Kesejahteraan Aceh (YDKA) pada tanggal 21 April 1958 dibentuk untuk mengadakan pembangunan dalam bidang rohani dan jasmani guna mewujudkan kesejahteraan dan kebahagiaan bagi masyarakat.

Ini Dia Universitas Iskandarmuda, Universitas Swasta Tertua di Banda Aceh

Rusli Bintang, Pengusaha Nasional Berjuluk Ayah Anak Yatim, dari Lampoh Keude Aceh Besar

Visi dan Misi
 

Visi

menjadi universitas yang inovatif, mandiri, dan terkemuka di Asia Tenggara dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Misi

1.    Menyelenggarakan pendidikan berkualitas yang berbasis penelitian untuk menghasilkan lulusan yang berkarakter dan berdaya saing tinggi;

2.    Menyelenggarakan penelitian berkualitas dan inovatif untuk mendukung pembangunan daerah, nasional, dan internasional;

3.    Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berbasis penerapan penelitian;

4.    Meningkatkan kualitas akademik untuk menghasilkan lulusan yang berdaya saing tinggi;

5.    Menerapkan manajemen mutu terpadu dibidang pendidikan melalui penerapan prinsip transparansi, pastisipatif, efisiensi, dan produktif;

6.    Memperkuat dan memperluas jaringan kerja sama institusional dalam rangka mengembangkan dan melestarikan temuan ilmu pengetahuan, teknologi, humaniora, olahraga dan seni; dan

7.    Mewujudkan universitas yang mandiri.

Tujuan

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved