Wisata

Bandara Sultan Iskandar Muda Blangbintang Aceh Besar, Pusat Bantuan Kala Tsunami Menerjang

Bandar Udara Internasional Sultan Iskandar Muda adalah sebuah bandar udara yang terletak di wilayah Blang Bintang, Aceh Besar.

Serambinews.com/Hendri
Suasana di bandara Sultan Iskandara Muda (SIM) 

SERAMBIWIKI.COM, BANDA ACEH - Bandar Udara Internasional Sultan Iskandar Muda atau Bandara Sultan Iskandar Muda adalah sebuah bandar udara yang terletak di wilayah Blang Bintang, Aceh Besar.

Bandara yang disingkat dengan sebutan Bandara SIM ini melayani penerbangan warga Aceh Besar dan Kota Banda Aceh serta sekitarnya (IATA, BTJ, ICAO: WITT).

Bandara yang diambil nama dari seorang raja Aceh yaitu Sultan Iskandar Muda ini melayani rute domestik dan internasional.

Tsunami Aceh 26 Desember 2004, menjadi tonggak bersejarah bagi Bandara Sultan Iskandar Muda.

Sebelum tsunami, bandara Sultan Iskandar muda ini hanya melayani penerbangan domestik dengan jadwal pesawat yang sangat minim.

Saat tsunami menerjang, kawasan Bandara Sultan Iskandar Muda ini menjadi tempat berlindung para pengungsi, juga menjadi basecamp sejumlah lembaga bantuan dan negara donor.

Kala itu, berbagai pesawat dan helikopter yang mengangkut bantuan kemanusiaan hilir mudik, dari dalam dan luar negeri. 

Bandara Sultan Iskandar Muda ini direhabilitasi oleh Badan Rehabilitasi dan Rekontruksi (BRR) NAD-Nias, hingga berdiri megah seperti sekarang.

Semenjak itu, bandara ini pun naik status menjadi Bandara Internasional dan melayani penerbangan ke Kuala Lumpur, serta ke Jeddah dan Madinah untuk pengangkutan jamaah umrah dan haji.

Kini, hilir mudik pesawat dari berbagai meskapai melayani penerbangan dari daerah dan dunia berjalan setiap hari.

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Hendri Abik
Editor: Zainal M Noor
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved