Wisata

PLTD Apung di Banda Aceh

Monumen PLTD (Pembangkit Listrik Tenaga Diesel) Apung yang terletak di Desa Punge, Blancut, kota Banda Aceh tiap hari, selalu ramai

Serambinews.com/Hendri
Warga selfie di depan monumen PLTD Apung 

SERAMBIWIKI.COM, ACEH – Monumen Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Apung yang terletak di Desa Punge, Blancut, kota Banda Aceh tiap hari, selalu ramai didatangi pengujung.

Kedatangan wisatawan adalah untuk melihat secara langsung jejak peninggalan kedahsyatan gelombang tsunami pada bulan Desember 2004 silam.

Sebab terdapat kapal seberat 2.6000 ton yang pernah tersapu gelombang, sudah dikemas sebagai wisata edukasi sejak April 2012.

Selain bentuk fisik kapal, di sana juga sudah terbangun pagar, bahkan juga telah terbangun jembatan, prasasti hingga ruang dokumentasi yang menampilkan foto dan video peristiwa tsunami.

Ikon Taman Edukasi Tsunami

Di dekat kapal PLTD APUNG pengunjung sekarang bisa berjalan-jalan di Taman Edukasi Tsunami, yang dibangun tidak terlalu jauh dari bangkai kapal.

Sedangkan di atas atas kapal juga ada satu teropong bagi pengunjung yang ingin melihat pemandangan Kota Banda Aceh dari atas ketinggian kapal.

Menjadi Museum

Selain itu, saat ini, isi dalam kapal sudah disulap menjadi wahana edukasi.

Setiap pengunjung dapat melihat video dan membaca tentang seluk beluk kapal dan penyebab terjadinya tsunami.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Hendri Abik
Editor: Dinar
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved