Kuliner

Mie Aceh

Mie Aceh merupakan salah satu makanan khas asli Aceh yang terbuat dari bahan utama tepung terigu dan dimasak menggunakan bumbu pedas berwarna merah.

SERAMBI/YENI
Mie Aceh 

SERAMBIWIKI.COM, LHOKSEUMAWE - Mie Aceh merupakan salah satu makanan khas asli Aceh yang terbuat dari bahan utama tepung terigu dan dimasak menggunakan bumbu pedas berwarna merah khas Aceh.

Mie Aceh dapat dijumpai dengan mudah di wilayah Aceh pada setiap warung kopi, bahkan keberadaanya sudah menyebar di beberapa daerah baik di Indonesia maupun di negara tetangga seperti Malaysia.

Ada banyak khas Aceh yang terkandung di dalam Mie Aceh, mulai dari tampilan, cita rasa, kandungan bahan, cara memasak yang unik, hingga peralatan khusus yang umumnya digunakan dalam proses memasaknya, yaitu menggunakan wajan berukuran besar yang terbuat dari besi tebal berwarna hitam.

Lokasi keberadaan warung-warung Mie Aceh juga masih sangat tradisional. Umumnya, mie aceh selalu tersedia hampir di setiap warung kopi yang didirikan di Aceh.

Mie Aceh memiliki cita rasa yang pedas dan kaya akan rempah-rempah. Bentuk mie nya tebal dan berwarna kuning, disajikan dengan berbagai variasi hidangan.

Kopi Kalimansi

Mie Aceh
Mie Aceh (SERAMBI/YENI)

Sejarah

Hingga saat ini, belum ada sumber yang mengetahui asal usul kehadiran mie aceh sebagai makanan khas daerah Aceh. Berdasarkan bentuk dan cita rasanya, terdapat unsur pengaruh dari budaya lokal masyarakat Aceh yang dipadukan dengan budaya asing.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa asal usul terciptanya masakan ini diperkirakan berdasarkan beberapa hal berikut, yaitu cita rasa kari yang sangat kental pada mie aceh baik dalam penyajian sup/berkuah maupun kering yang merupakan pengaruh dari masakan India.

Mie berasal dari resep masakan China yang sudah divariasikan.

Penggunaan daging yang dicampur di dalam masakan mie aceh merupakan unsur Islam yang sangat kuat di Aceh, dimana Aceh selalu dibanjiri oleh daging dalam perayaan Meugang untuk menyambut Bulan Ramadhan atau Hari Raya Idul Fitri maupun Idul Adha; dan penggunaan bahan seafood karena lokasi geografis Aceh yang dikelilingi oleh Selat Malaka.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Hendri Abik
Editor: Dinar
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved